Superior

PNS Dipecat, Karna jadi CAlo CPNS

Written By Aris Setiawan on Monday, March 11, 2013 | 3:04 AM

Info Terbaru - Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek) telah memberhentikan 25 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjadi calo CPNS selama kurun waktu 2010–Februari 2013. Dari jumlah itu, tiga orang di antaranya dilakukan pada awal 2013 ini.
jadi CAlo CPNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap PNS yang melakukan berbagai pelanggaran, mulai dari tindakan displin sampai dengan kawin cerai yang tidak sesuai dengan aturan. Terlebih bagi PNS yang melakukan penyalahgunaan wewenang, misalnya menjadi calo CPNS.

Menteri PANRB yang juga menjabat sebagai ketua Bapek mengungkapkan, sejak 2010 sebanyak 627 PNS dijatuhi sanksi. “Tahun 2012 paling banyak, yakni 322 PNS,” ujar dia lewat keterangan tertulisnya di situs MenPAN, Senin (11/3/2013).

Diakuinya, kehadiran calo CPNS selama ini sulit diberantas, karena korban juga enggan melapor. Namun dengan penjatuhan sanksi terhadap calo-calo CPNS ini diharapkan bisa menyadarkan masyarakat, bahwa saat ini sudah tidak ada tempat lagi bagi calo dalam setiap penerimaan CPNS.

Masyarakat diminta tidak mempercayai kalau ada pihak-pihak tertentu, termasuk pegawai di suatu instansi yang mengaku dapat membantu meloloskan anak atau saudaranya untuk menjadi CPNS dengan sejumlah imbalan. “Mantu saya saja tidak diterima karena tidak lulus test,” kata Azwar.

Terkait dengan PNS yang menjadi calo CPNS ini, diakuinya ada yang merupakan pegawai Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam sidang Bapek tanggal 1 Maret 2013 lalu, dua PNS dari BKN dipecat karena menjadi calo CPNS.

Diberitakan sebelumnya, Bapek mencatat pada awal Maret ini terdapat 50 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terkena hukuman disiplin. Dari 50 nama tersebut, didominasi oleh PNS dari Mahkamah Agung. 23 orang diperingan sanksinya, 26 diperkuat, dan satu orang diperberat.

PNS Dipecat, Karna jadi CAlo CPNS (Jadi Calo CPNS, 3 PNS Dipecat) adalah bersumber dari media Okezone.com

0 komentar:

Post a Comment

 
berita unik